Skip to main content

Penyebab dan Ciri-Ciri EMMC Android Rusak serta Cara Mengatasinya


Di era serba digital ini hampir semua orang pasti memiliki smartphone sebagai alat berkomunikasi. Dengan berbagai fitur dan kecanggihan di dalamnya dapat mempermudah aktifitas keseharian penggunaya seperti pesan makanan bahkan pesan ojek kini bisa melalui smartphone.Perkembangan smartphone memang tiada habisnya, kini android sudah sampai pada versi-9 yaitu Android 9 Pie yang baru saja di rilis baru-baru ini.


Semahal apapun smartphone yang kamu miliki tidak akan lepas dari yang namanya rusak entah itu dari kesalahan pabrik maupun dari kesalahan penggunanya. Kerusakan pada smartphone bermacam-macam bisa jadi dari perangkat software maupun hardware, jika kerusakan pada software maka bisa di atasi dengan cara flashing atau instal ulang sistem dan kerusakan terparah pada hardware salah satunya adalah kerusakan pada IC-EMMC.


Baca Juga: Cara mengatasi HP android yang lemot

Apa itu IC-EMMC?


EMMC adalah singkatan dari Embedded Multi Media Controller dimana IC-EMMC berfungsi sebagai otak yang menjalankan sebuah Smartphone. Jika pada komputer memiliki Processor sebagai IC atau Otak yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem oprasinya maka pada smartphone sendiri memiliki EMMC sebagai pengontrol seluruh operasi sistemnya.


Ciri-ciri IC-EMMC rusak


Ada berbagai ciri-ciri IC-EMMC yang rusak tapi aku akan memberi tau kamu ciri-ciri yang paling sering di alami dan yang paling berbahaya sehingga kamu dapat mengganti EMMC sebelum HP kamu mati total.


1.Sering keluar sendiri saat membuka Aplikasi


Jika kamu bermain game atau sedang membuka aplikasi dan tiba-tiba keluar sendiri maka bisa jadi penyebabnya adalah EMMC kamu melemah, Daam kasus ini EMMC mengalami kerusakan sedang sehingga kamu tidak perlu menggantinya namun sebaiknya kamu harus unistal aplikasi yang berat jika kamu tidak mau EMMC HP kamu bertambah rusak.


2. Sering muncul pemberitahuan ''Sayangnya Aplikasi Berhenti'


Itu di karenakan EMMC tidak dapat menjalankan sebuah aplikasi sebagaimana semestinya, maka bisa di pastikan IC-EMMC HP kamu sudah rusak sedang. Dalam kasus ini kamu tidak perlu mengganti EMMC namun kamu harus mengurangi penggunaan aplikasi berat di HP kamu.

3. Sering Hang dan Mati Sendiri padahal Batrai Masih Bayak.


Jika Hp kamu mengalami ciri-ciri seperti ini sebaiknya kamu membawanya ke tukang servis karena IC-EMMC HP kamu sudah dalam kondisi rusak parah. Aku pernah mengalaminya tapi aku tidak menserviskannya karena biayanya terlalu mahal dan akhirnya HP ku mati total,


4. HP Mati Total / botloop dan Wipe Data / Factory Reset Android Selalu Gagal.


Kasus ini terjadi ketika HP kamu mati dan saat di hidupkan mengalami stuck di logo, dan kamu melakukan Factory Reset untuk menghapus semua data dan aplikasi namun hasilnya gagal.


Penyebab IC-EMMC Rusak


1. Terlalu lama charging (over charge)

2. ROOT HP dan mengganti Room
3. Mematikan HP dengan langsung mencabut baterai.
4. Terlalu sering melakukan flashing

Cara Mengatasi EMMC Android yang Rusak


1. Jika HP kamu tiba-tiba botloop atau stuck di logo saja maka lakukanlah Factory Reset kemungkinan HP kamu masih bisa hidup lagi walaupun hanya sementara kamu bisa Backup data penting kamu sebelum HP kamu mati dan tidak hidup lagi. Aku pernah melakukan ini dan hasilnya HP ku kembali hidup namun beberapa hari kemudian mati lagi.


Baca Juga: Cara mengatasi sinyal internet android lemah

2. Bawalah ke tempat servis untuk mengganti IC-EMMC namun biayanya cukup mahal, setiap tipe HP dan ukuran RAM berbeda-beda harganya. Dulu tipe HP ku ASUS dengan RAM 1GB biaya ganti IC-EMMC adalah 450.000 dan kurasa itu tidak wort it karena aku harus mengeluarkan 450.000 untuk perbaikan HP jadul jadi kubiarkan saja mati dan ganti HP saja.


Itulah penyebab dan ciri-ciri IC-EMMC Android rusak dan cara mengatasinya, kamu bisa melakukan Factory Reset dan jika beruntung maka HP kamu hidup lagi namun jika gagal maka kamu harus membawanya ke tempat servis atau membiarkannya dan membeli baru. Artikel ini aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi aku. Semoga bermanfaat, sekian dan trimakasih.


Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar