Skip to main content

Cara Ganti Password Gmail di Android dan PC | Terbaru 2019


Saat ini hampir setiap orang pasti memiliki email, namun tidak sedikit dari penggunanya yang masih tidak tahu cara mengganti password email mereka. Sebenarnya caranya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Mengganti password sangat penting untuk keamanan email kita sendiri, karena di luar sana ada banyak tangan-tangan jahil yang bisa membobol email dan menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi mereka, tentu saja itu bisa berdampak buruk bagi pemilik email itu sendiri.

Terkadang orang membuat email dengan pasword yang sederhana dengan alasan agar mudah di ingat, misalnya menggunakan bulan dan tanggal lahir mereka. Namun password email yang mudah di tebak akan rentan terhadap pembobolan, oleh karena itu kamu harus menggunakan password yang unik agar akun email kamu aman.

Tips Membuat Password yang Unik

Membuat password yang unik bertujuan agar tidak mudah di tebak dan di ingat orang lain. Tapi kamu juga jangan sampai lupa dengan password kamu sendiri.

Jika kamu merasa sebagai seorang yang pelupa, maka alangkah baiknya kamu mencatat password kamu di buku atau di aplikasi catatan di HP kamu. Untuk membuat password yang unik silahkan simak tips berikut!

1. Password membutuhkan minimal 8 karakter, kalau lebih banyak malah lebih bagus

2. Hindari membuat pasword menggunakan data pribadi yang utuh, seperti nama dan tanggal lahir

3. Gunakan huruf balok untuk beberapa karakter password (contoh : nuRulfaJri)

4. Jangan hanya menggunakan huruf, gunakan juga angka sebagai password agar password semakin unik (contoh : 9nuRul6Fajri)

5. Jika kamu ingin membuat password yang lebih unik, gunakan huruf, angka, dan simbol secara random (contoh : gd@56Uio0@oB) password seperti ini lebih bagus.

Cara Mengganti Password Gmail di HP

Cara yang saya gunakan untuk merubah password gmail di sini menggunakan android, jika kamu pengguna IOS, maka kurang lebih caranya juga sama.

Pertama silahkan buka aplikasi gmail di HP kamu, jika kamu tidak memiliki aplikasi gmail kamu bisa menggunakan chrome atau browser lainnya. Lalu buka menu sidebar yang ada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian cari dan pilih setelan.


Jika kamu mempunyai akun lebih dari satu, silahkan pilih akun mana yang ingin kamu ganti passwordnya. Setelah itu, pilih menu kelola akun google anda.


Selanjutnya, kamu akan di alihkan ke beranda akun googlemu. Lalu pilihlah menu Info Pribadi, setelah terbuka carilah menu Sandi untuk mengganti password gmail kamu.


Saat akan mengubah password kamu akan di minta memasukkan password lama kamu guna konfirmasi. Setelah itu kamu baru dapat memasukkan password barumu. Kamu akan di suruh memasukkan password baru dua kali, jadi pastikan passwordmu sama dengan password yang kamu masukkan sebelumnya.




Cara Mengganti Password Gmail di PC/Laptop

Jika kamu ingin mengganti password gmail kamu lewat laptop/PC, caranya sebagai berikut.

Langkah pertama silahkan buka browser dan login gmail.

Kemudian pilih icon setting yang ada di kanan atas, lalu pilih setelan


Selanjutnya kamu akan di alihkan ke menu setelan, kemudian buka menu Akun dan Import. Kemudian pilih Ubah Sandi, lalu kamu akan di minta memasukkan password lama kamu untuk verifikasi gmail.




Selanjutnya kamu harus memasukkan password baru kamu, lalu pilih ubah sandi untuk menyimpan dan password kamu sudah berubah deh.


Bagaimana, mudah kan? jika kamu mengalami kesulitan silahkan tulis pertanyaanmu pada kolom komentar di bawah. Sekian dari saya selamat mencoba dan semoga berhasil.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar