8 Cara Mengatasi Sinyal Internet Android Lemah dan Sering Hilang

cara mengatasi sinyal android lemah

Smartphone sudah menjadi barang yang wajib kita bawa kemana saja kita pergi sebagai alat berkomunikasi dengan teman, keluarga,, dan juga rekan kerja. Untuk penggunaanya, smartphone harus mempunyai sinyal, entah itu sinyal dari Wifi ataupun dari Kartu SIM.

Namun, apa jadinya jika smartphone kamu menngalami eror atau gangguan pada sinyal? Misalnya sinyal melemah, sinyal tiba-tiba sering hilang, atau saat kamu pergi ke tempat yang jauh dari jaangkauan menara pemancar sehingga sinyal di HP kamu melemah. 
Apalagi jika sinyal tiba-tiba menghilang pada saat yang di butuhkan, tentu itu sangat menjengkelkan sekali. Oleh karena itu aku akan berbagi 6 cara mengatasi sinyal internet lemah dan sering hilang.

1. Aktifkan Ulang Android


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah Restart / aktifkan ulang HP android kamu, karena mungkin HP kamu lelah karena sudah di gunakan seharian dan RAM penuh, sehingga menghambat berjalannya sistem operasi dan mengakibatkan sinyal eror.

Oleh karena itu cobalah aktifkan ulang HP kamu, agar penggunaan RAM berkurang dan sistem operasinya kembali normal sehingga dapat melacak dan menangkap sinyal dengan optimal.

2. Ganti Mode Jaringan


Kamu harus menggannti mode jaringan sesuai dengan jenis jaringan yang ada di tempatmu berada. Karena tidak di semua wilayah terdapat jaringan 4G, jika di tempatmu tidak mendukung jaringan 4G maka kamu harus mengubahnya ke jaringan 3G. 

Sebuah jaringan memiliki urutan sebagai berikut 2G > 3G > 4G, biasanya di semua wilayah hingga ke plosok desa sudah terdapat jaringan 3G.

Cara mengati mode jaringan: 
  • Buka pengaturan > Jaringan seluler > Jenis Jaringan > Pilih jaringan yang sesuai 
3. Cari tempat yang lebih tinggi


Cara ini bisa meningkatkan kualitas sinyal di HP kamu, karena terkadang sinyal melemah bisa dikarenakan terhalang oleh bangunan maupun pepohonan, jika kamu tidak menemukan tempat yang lebih tinggi, cobalah mencari tempat yang terbuka, misalnya lapangan. Dengan mencari tempat yang lebih tinggi atau tempat terbuka, kamu dapat meniningkatkan sinyal di HP kamu.

4. Gunakan stiker penguat sinyal


Awalnya aku ragu dengan metode ini, tapi setelah mlakukan beberapa survei ternyata memang benar bahwa stiker ini bisa memperkuat sinyal di HP kita. Stiker ini dilengkapi dengan hologram yang berfungsi sebagai antena eksternal, stiker ini bisa kemu tempelkan di belakang HP. Kamu bisa mendapatkan stiker penguat sinyal ini di Konter atau di toko online.

Baca Juga: Cara mengganti password gmail di android

5. Menggunakan aplikasi HSPA+Tweaker


Selain menggunakan stiker untuk menguatkan sinyal, kamu juga bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama HSPA+ Tweaker. Aplikasi ini bisa mengoptimalkan ping dan menstabilkan sinyal HP kamu hanya dengan satu klik saja.

6. Menggunakan Alumunium Foil dan Silet


Disini aku akan mengajarkanmu cara membuat alat penguat sinyal dengan hanya bermodal alumunium foil, silet, dan magnet. Cara kerja alat ini sama seperti stiker penguat sinyal, namun kamu bisa membuatnya sendiri secara gratis.

Caranya sebagai berikut:
  1. Sediakan alumunium foil, kamu bisa mendapatkannya dari bungkus rokok atau bungkus makanan tertentu.
  2. Gosok silet dengan menggunakan magnet sehingga medan magnet berpindah ke silet.
  3. Bungkus silet dengan alumunium foil, dengan cara tempatkan bagian alumuniumnya / bagian yang perak di dalam, sehingga menutupi silet.
  4. Jika sudah kemudian tempelkan di belakang HP kamu.
7. Menggunakan kabel tembaga

Kabel tembaga juga bisa kamu gunakan sebagai alat pengat sinyal loh, caranya adalah dengan melilitkannya di HP kamu, maka kabel tembaga akan menjadi antena penguat sinyal eksternal bagi HP kamu

8. Ganti kartu SIM

Jika dengan semua cara di atas belum juga berhasil, mungkin di tempat kamu tidak ada tower pemancar sinyal yang sesuai dengan jenis kartu provider kamu, atau mungkin tower pemancarnya terlalu jauh sehingga HP kamu kesulitan dalam menangkap sinyal.

Maka dari itu, cobalah mengganti kartu provider kamu sesuai dengan sinyal yang ada di tempat kamu berada.

Yap, itulah 8 cara mengatasi sinyal internet android lemah dan sering hilang, sebelum ku tulis aku sudah membuktikannya terlebih dahulu dan hasilnya dapat meningkatkan sinyal di HP. 
Kamu bisa mencobanya satu persatu cara di atas hingga sinyal HP kamu normal kembali dan tidak hilang lagi, karena yang pantas hilang bukanlah sinyal tapi MANTAN hahahaha.

Untuk tips seputar teknologi lainnya silahkan kunjungi Tutorian21.com. Disana juga tersedia berbagai macam berita hangat seputar teknologi juga loh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel