Skip to main content

6 Cara Mudah untuk Mengatasi HP Android Lemot


Mengapa HP Android aku semakin lama semakin lemot? Apa yang harus aku lakukan agar HP aku kembali cepat dan normal? 

Apakah pertanyaan tersebut sering muncul di pikiran kamu? HP kamu lemot, HP kamu lambat, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Saat kita memakai HP android yang masih baru tentunya akan terasa nyaman saat di gunakan, namun setelah di install berbagai aplikasi ini itu kecepatannya menjadi menurun, ini di sebabkan karena aplikasi yang di install terlalu banyak dan memiliki ukuran yang besar sehingga RAM dan memori internal HP penuh dan memperlambat kinerja sistem android.
Tidak hanya itu, sebenarnya ada berbagai macam faktor yang dapat menurunkan kinerja android, penurunan ini bisa di sebabkan dari bermacam hal diantaranya adalah karena virus, memori internal penuh, sistem tidak di update, dan lain sebagainya.

Terus bagaimana cara memgatasinya?

Berikut adalah cara mudah untuk mengatasi HP android yang lemot, cara ini hanya dapat digunakan jika lemotnya HP android di sebabkan oleh software. Jika HP android kamu lemot di karenakan kerusakan Hardware atau kerusakan fisik, maka cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti komponen yang rusak.

Cara mengatasi HP android lemot

1. Aktifkan Ulang HP


Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika HP android terasa lemot adalah dengan cara merestart atau mengaktifkan ulang HP android. karena mungkin saja HP kamu terlalu lelah setelah di gunakan seharian dan RAM menjadi penuh, sehingga memperlambat sistem operasi HP.

Dengan mengaktifkan ulang HP, maka secara langsung akan merefresh seluruh sistem android dan RAM menjadi lega. Sehingga sistem operasi android  kembali berjalan normal.

2. Bersihkan Memori Internal


Sekarang bannyak HP yang di bekali dengan memori internal yang cukup besar, namun sebesar apapun memori internalnya kalau penuh maka akan menurunkan kinerja sistem android. Maka dari itu hapus file-file yang tidak penting dan juga sampah cache yang menumpuk, sehingga memori internal kambali lega dan HP kembali lancar.

Cara membersihkan sampah cache:
  • Pilih setting > penyimpanan > cache > hapus cache 

Bagi kamu yang mempunyai HP android dengan kapsitas memori internal yang tidak besar, alangkah baiknya jika kamu rajin membersihkan sampah cache yang terdapat di HP kamu. Itu untuk mencegah menurunnya kinerja HP android kamu.

Baca Juga: Cara mengganti keyboard HP Xiaomi

3. Hapus Aplikasi Tidak Penting


Salah satu penyebab utama menurunnya kinerja HP android dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan mengakibatkan RAM  penuh dan kinerja HP  melambat, karena itu Uninstall / hapus aplikasi yang jarang di paka,i agar RAM menjadi lega dan HP android kembali cepat lagi.

Cara uninstall / hapus  aplikasi:
  • Pilih setting > penyimpanan > aplikasi terinstall > pilih aplikasi yang ingin di uninstal > kemudian pilih uninstall
4. Bersihkan Virus

Virus merupakan musuh bagi pengguna smartphone, virus bisa saja memperbanyak diri dan mengganggu sistem operasi android sehingga android menjadi lemot. Selain dapat memperlambat kerja sistem android, virus juga dapat menyebabkan data-data dalam ponsel kamu hilang.

Terkadang tidak semua HP android di bekali dengan aplikasi anti virus bawahan. Maka dari itu kamu harus menginstal aplikasi anti virus dan membersihkan virus yang ada di HP kamu minimal satu bulan sekali.

5. Hapus Data Chatting Grup


Banyaknya data chatting yang di biarkan begitu saja bisa menjadi menumpuk dan membuat memori internal kamu penuh. Biasanya data chating paling banyak terdapat pada grup chatting. bisa ada ratusan bahkan ribuan data hanya dalam satu grup saja, maka dari itu minimal sebulan sekali kamu harus menghapus data chatting jika tidak HP android kamu bisa menjadi lemot.

6. Reset Pabrik


Jika sudah mencoba cara di atas namun belum juga berhasil, cara ini menjadi cara terakhir yang dapat kamu gunakan. Dengan reset pabrik maka semua data yang ada di HP kamu termasuk foto dan lainnya akan di hapus dan HP kamu akan kembali seperti baru. 
Maka alangkah baiiknya jika sebelum melakukan reset pabrik, lakukan backup terlebih dahulu data-data yang penting dan pindahkan ke laptop atau flashdisk terlebih dahulu.

Yap, itulah berbagai cara mengatasi HP android yang lemot, kamu dapat menerapkannya sendiri tanpa harus membawa HP android kamu ke tukang sevice. Jika HP kamu masih saja lemot mungkin saja HP kamu sudah memasuki akhir usia, karena semua barang elektronik pada akhirnya akan rusak juga.

Sekian dari saya, selamat mencoba, dan semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar