Skip to main content

4 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Minta Format

memperbaiki kartu SD rusak

Kartu SD sudah menjadi salah satu perangkat yang paling di butuhkan saat ini, meskipun sudah banyak pabrikan smartphone yang memproduksi smartphone-nya dengan memori internal yang cukup besar, namun tetap saja kamu akan membutuhkan memori ekternal untuk menyimpan data kamu. Apalagi jika kamu banyak menyimpan aplikasi besar, foto dan vidio, pasti akan membutuhkan memori tambahan.


Namun media penyimpanan ini juga tidak akan luput dari yang namanya rusak atau eror, karena di sebabkan oleh kesalahan sistem android atau bisa juga karena kesalahan penggunanya sendiri. Masalah yang sering terjadi pada kartu SD adalah:
  1. Kartu SD tidak terbaca
  2. Kartu SD corrupt
  3. Kartu SD minta di format


Nah, kali ini aku akan mengajarkan bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak, agar kartu SD kamu bisa kembali normal lagi. Bagaimana caranya? silahkan simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Ciri-ciri EMMC android anda rusak

1. Bersihkan Kartu SD

Terkadang masalah yang terjadi begitu sepele, yaitu Konektor kartu SD kamu kotor. Karena itu cobalah keluarkan kartu SD dari HP android kamu, lalu bersihkan konektor/lempengan kuning dengan Catton Bud atau bisa juga menggunakan penghapus pensil, lalu masukkan lagi kartu SD kamu dan lihat hasilnya.

2. Coba Kartu SD di HP Android Lain atau di Laptop


Terkadang yang bermasalah justru bukan pada kartu SD nya, bisa juga karena konektor HP android kamu mengalami masalah sehingga tidak bisa mendeteksi kartu SD. Karena itu cobalah keluarkan kartu SD kamu dan memasangnya di HP andrid lain, atau kamu bisa mengecek nya di PC/Laptop menggunakan Card Reader.

3. Format Kartu SD Melalui Android



Jika kamu sudah melakukan kedua cara di atas namun kartu SD kamu masih belum ada hasil, langkah selanjutnya adalah dengan cara format kartu SD kamu. Tentu saja ini akan menghapus semua data yang ada di dalamnya, namun besar kemungkinan kartu SD kamu akan dapat di gunakan kembali

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masukkan kartu SD ke android kamu, lalu pergi ke menu Setting > Storage > Portable Storage dan pilih kartu SD kamu.
  • Kemudian pilih menu Storage Setting > Format >Erase & Format tunggu prosesnya hingga selesai kemudian pilih Done.
  • Cobalah cek Kartu SD kamu apakah sudah kembali normal.
4. Format Kartu SD melalui Laptop/PC



Selain menggunakan HP android kamu juga bisa melakukan format melalui PC/Laptop, caranya sebagai berikut:
  • Hubungkan kartu SD ke PC/Laptop, jika masih ada data di dalamnya, kamu bisa  selamatkan data tersebut ke PC/Laptop.
  • Buka Exploler atau kamu bisa tekan Windows + E agar lebih cepat.
  • Pilih  pada Drive Kartu SD, klik kanan lalu pilih Format dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Terakhir, kamu tinggal cek hasilnya di HP android.

Nah begitulah cara memperbaiki kartu SD yang rusak dan minta format. Apabila dengan cara tersebut belum juga berhasil, mungkin kamu harus merelakannya dan segera beli kartu SD yang baru wkwkwk.

Sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga berhasil.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar